Welcome to My Blog

Selamat datang di blog saya. Temukan apa yang anda minati.
Selamat berpetualang di blog saya.

Rabu, 09 November 2011

Pengembangan Potensi Sejak DIni

Kembangkan Potensi Sejak Dini

Pendidikan kerap disebut sebagai "Jembatan Emas"untuk menuju masa depan yang lebih baik. Pandangan tersebut mengandaikan, bekal pendidikan yang lebih baik akan mengantarkan seseorang meraih karier dan pekerjaan yang bagus. Akan tetapi, untuk mencapai tujuan, tidak ada jalan pintas.

Diperlukan proses yang panjang untuk mencetak sumber daya manusia agar menjadi lebih berkualitas. Jika lulusan berkualitas, tawaran pekerjaan pun berdatangan. tak hanya perusahaan kecil, perusahaan besar ternama di tingkat global pun bisa tergiur. Untuk menyiapkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, langkah dimulai dari pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Sejak Dini
Memberikan pendidikan terbaik untuk anak sejak usia dini adalah salah satu jalan yang tepat. Namun, anda juga perlu memperhatikan jika anak mempunyai kemampuan yang terpendam. Jika sedari jenjang sekolah dasar, bakat anak sudah teridentifikasi, segera saja kembangkan lewat kursus. Atau, dorong lah anak agar mau mengikuti ekstrakurikuler yang bisa mendukung bakatnya.

CEO Sinarmas World Academy John McBryde menuturkan,"Setiap orang punya potensi. Setiap bisa sukses. Oleh sebab itu, anak-anak perlu mengembangkan potensi dirinya".
Dunia akademis pun dituntut untuk menyadari bahwa bakat setiap siswa sangat beragam selain menempuh pendidikan. Agar potensi ini terkuak, salah satunya dapat diwadahi dalam bentuk ekstrakurikuler. Namun, ekstrakurikuler dirasa kurang cukup bagi sebagian orang. Sejumlah sekolah pun coba menghadirkan sejumlah alternatif yang bisa didapatkan dalam pendidikan nonformal, seperti ketrampilan bermain musik, dan lain-lainnya.

Penyediaan fasilitas yang menarik untuk pengembangan potensi siswa sangat lah dibutuhkan di setiap jenjang pendidikan. Fasilitas seperti studio musik, studio rekaman, dan lain-lainnya. Harapannya siswa tidak hanya pandai di bidang mata pelajaran, tetapi kemampuan di bidang lain juga terasah.

Tips Asah Bakat dan Talenta
  • Deteksi bakat dan potensi yang masih terpendam dalam diri anak
  • Perhatikan minat pribadinya, cermati apakah anak ingin mengembangkan talenta
  • Ikuti ekstrakurikuler di sekolah atau aktivitas dan organisasi di kampus
  • Jika perlu ikut sertakan anak dalam kursus, pelatihan, atau les yang bisa mengembangkan bakatnya
  • Gunakan networking selama di kampus untuk membentuk kerja sama
  • Uji kemampuan dengan mengikuti berbagai kompetisi

Bimbing anak sejak dini, untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Selamat Belajar, Berjuang, Bertaqwa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut